Perangkat Keras



INFORMATIONCOMMUNICATION  TECHNOLOGI (ICT)
   
Perangkat Keras Komputer (Hardware)
A. CPU
1. Pengertian CPU
            Central processing unit (CPU) dari sebuah komputer adalah bagian dari hardware yang melaksanakan instruksi dari program komputer. Ia melakukan aritmatika, logis, dan operasi input / output dasar dari sebuah sistem komputer. CPU adalah seperti otak dari komputer – setiap instruksi, tidak peduli seberapa sederhana, harus melalui CPU. Jadi katakanlah Anda
menekan huruf ‘k’ pada
keyboard Anda dan muncul di layar – CPU komputer Anda adalah apa yang membuat ini mungkin. CPU kadang-kadang disebut sebagai unit pusat prosesor, atau prosesor untuk singkatnya. Jadi, ketika Anda melihat spesifikasi komputer di toko elektronik lokal Anda, biasanya mengacu pada CPU sebagai prosesor.
            Ketika kita mulai melihat berbagai komponen CPU dan bagaimana mereka berfungsi, ingat bahwa itu adalah semua tentang kecepatan. Ketika kita menggunakan komputer kita ingin perintah untuk dilakukan sangat cepat. Ketika perintah menjadi lebih rumit (misalnya, menciptakan animasi 3D atau mengedit file video), kita menuntut lebih banyak dari CPU. Dengan demikian, kemajuan teknologi yang telah kita lihat dalam teknologi prosesor sebagian besar telah didorong oleh kebutuhan untuk kecepatan.
2. Bagian-Bagian CPU
            a. ALU (unit aritmatika logika)
            Adalah bagian dari CPU yang melakukan aritmatika sederhana dan operasi logis.
            b. CU
        CU adalah unit yang mengelola berbagai komponen komputer. Ini membaca dan    menafsirkan instruksi dari memori dan mengubahnya menjadi serangkaian sinyal untuk mengaktifkan bagian-bagian lain dari komputer. Unit kontrol menyerukan kepada unit aritmatika logika untuk melakukan perhitungan yang diperlukan.
            CPU terletak di motherboard. Motherboard memiliki soket untuk ini, yang spesifik untuk jenis tertentu prosesor. Sebuah CPU akan sangat panas sehingga membutuhkan sistem pendingin sendiri dalam bentuk heatsink dan / atau kipas.

3. Jenis socket processor
            Soket adalah tempat dudukan prosesor pada motherboard. Dudukan ini berbentuk segi empat dengan lubang-lubang kecil tempat tertancapnya kaki-kaki (pin-pin) prosesor yang tersusun membentuk matriks 2 dimensi. Susunan, letak, dan jarak antar lubang sama persis dengan susunan, letak, dan jarak antar pin-pin pada prosesor.
             a. PGA
                 PGA adalah singkatan dari Pin Grid Array . Yaitu processor yang menggunakan    PIN sebagai media penghantar antara processor dan socket pada Mainboard. Jadi PIN ini terdapat di dasar processor. Biasanya, Processor PGA terdapat pada komputer Pentium4 kebawah. Processor ini dinilai kurang efektif, dikarenakan transfer data pemrosesan kurang akurat karena pin pin pada processor belum tentu menyentuh dengan sempurna pada dasar socket pada mainboard. Selain itu Processor ini rentan sekali rusak.             Karena PIN pada processor sangaat mudah rusak atau bengkok.

            b. LGA
                LGA ini performa dan kualitasnya lebih bagus dari yang PGA. LGA ini tidak        memiliki Pin pada dasar processornya. Karena LGA ini menggunakan permukaan           dengan konduktor yang baik dan tidak mudah rusak apalagi bengkok. Jadi kalo kita    menggunakan Processor LGA ini, maka PIN terletak pada socket di mainboard.   Processor ini mulai mainstrem semenjak Komputer Pentium IV/4 .

B.MOTHERBOARD
1. PENGERTIAN MOTHERBOARD
Mother board adalah perangkat keras yang sangat pernting dalam komputer karena  berpungsi untuk meng hubungkan prossesor dengan komponen komponen komputer lainya. Cara kerja motherboar  sama seperti sistem saraf pada mahluk hidup.
2.BAGIAN-BAGIAN MOTHERBOARD DAN FUNGSINYA

    1. Chipset
Chipset berfungsi sebagai jembatan data yang meng hubungkan prosessor dengan macam macam komponen eksternal dan buses.
  1. CPU soket
CPU soket berfungsi sebagai tempat untuk meletakan prosessor pada motherboard yang memiliki peran sangat penting  terhadap jalanyan siklus informasi data.
  1. Bios
Bios adalah sebuah chip  yang memiliki perangkat lunak untuk mengontrol hardwer dan berfunsi sebagai interface antar hardwer dan system operasi.
  1. Baterai cimos
Berfungsi untuk member tegangan ter hadap bios sekaligus memiliki peran dalam penyimpana konfigurasi setingan bios yaitu meliputi  setting computer,waktu,tanggal,dan lain-lain.
  1. Slot PCI
Slot PCI berfunsi sebagai tempat untuk memasukan perangkat keras komputer ke motherboard  seperti VGA card dan sound card.
  1. Slot AGP
Slot AGP funsinya sebagai slot ekspansi yang digunakan untuk menganti slot PCI yang sudah tidak mencukupi lagi dalam menagani lalulintas data antara CPU dengan VGA card.
  1. Konektor ide
Berfunsi untuk menghubungkan motherboard dengan media penyimpanan  seperti hardisk,floppy disk, dan cd-rom.
  1. Slot memori
Slot memori berfungsi sebagai tempat dipasangkanya ram(random access memory)jenis slot memori juga berbeda beda tergantun dengan system yang digunakannya.
  1. Cpu fan & heat sink
Berfungsi untuk mendinginkan prosessor yang menghasilkan panas ketika ber kerja.
  1. Konektor penghubung
Berfungsi untuk menghubungkan perangkat keras computer tambahan lainya misalnya mouse, keyboard, speaker aktif, dan lain-lain.
Gambar-Komponen-Motherboard-Komponen-Penghubung









3.JENIS-JENIS MOTHERBOARD
C. Media Penyimpanan
            Media penyimpanan dalam komputer dibagi menjadi dua, yaitu primary storage dan secondary  storage.
1. Primary storage
a. RAM
    1. Pengertian RAM
RAM (Random Acces Memory) adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi menyimpan data dan instruksi program yang akan dan sudah dieksekusi oleh prosesor. Penyimpanan RAM bersifat sementara, ini artinya setelah komputer dimatikan, RAM akan dikosongkan lalu akan diisi data baru yang diperlukan saat komputer dinyalakan dan dipergunakan. Berbeda dengan tape magnetik atau disk yang harus diakses secara berurutan, isi dari RAM dapat diakses secara random atau tidak mengacu pada letak datanya. Hal ini yang membuat RAM lebih cepat daripada harddisk atau media penyimpanan lainnya.
RAM sendiri sering disebut sebagai memori utama atau main memory,  memori primer atau primary memory atau memori internal, atau hanya disebut memori, meskipun ada beberapa jenis memori yang terpasang pada komputer tersebut.
    2. Bagian-Bagian RAM
        1. PCB (Printed Circuit Board)









            PCB (Printed Circuit Board) yakni papan yang tersusun atas beberapa layer, pada setiap lapisan layer terpasang jalur/circuit untuk mengalirkan data ataupun sebagai tempat penyalur daya listrik.
                    2. Contact Point
                        Contact Point yakni bagian RAM yang berfungsi sebagai konektor ke         Motherboard, terdiri atas beberapa titik dan di batasi oleh satu atau dua buah lekukan     yang disebut sebagai NOTCH.
                    3. Fungsi RAM
            Fungsi dari RAM adalah mempercepat pemprosesan data pada komputer.   Semakin besar RAM yang dimiliki, semakin cepatlah komputer.
            Selain itu, RAM juga berfungsi sebagai mendia penyimpanan disaat komputer        atau laptop dalam keadaan hidup, apabila laptop atau komputer dimatikan maka data   yang tersimpan dalam ram akan hilang dan terhapus. Misalkan ketika anda mengetik di dokumen atau microsoft word kemudian anda anda tutup tanpa menyimpan terlebih dahulu data yang anda ketik akan tersimpan di memori ram dengan begitu anda dapat membuka dokumen tersebut melalui history terakhir dari Microsoft word tadi.
           4 Jenis - Jenis RAM
               1. DRAM (Dynamic Random Access Memory)
DRAM (Dynamic Random Access Memory) yang merupakan memori semi konduktor yang memerlukan kapasitor sebagai tumpuan untuk menyegarkan data     yang ada di dalamnya. RAM ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari EDO-RAM. Namun lebih rendah dibandingkan SRAM.
Dalam strukturnya, DRAM hanya memerlukan satu transistor dan kapasitor per bit, sehingga memiliki kepadatan sangat tinggi. DRAM mempunyai frekuensi kerja yang bervariasi, yaitu antara 4,77MHz hingga 40MHz.


            2. SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory)









SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memory) adalah jenis RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM namun telah diskronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. Cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.


            3. RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)









RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi, pertama kali digunakan untuk komputer dengan prosesor Pentium 4. Slot Memori untuk RD RAM adalah 184 pin. Bentuk RD RAM adalah Rate Inline Memory Modul (RIMM). Memiliki kecepatan hingga 800 MHz.


            4. SRAM (Static Random Access Memory)









SRAM (Static Random Access Memory) adalah jenis RAM yang terbuat dari semacam semikonduktor yang tidak memerlukan kapasitor dan tidak memerlukan penyegaran secara berkala sehingga lebih cepat. Namun SRAM memiliki kelemahan, yakni biaya produksinya mahal sehingga hanya tersedia dalam kapasitas kecil dan menangani bagian yang benar-benar penting.


            5. EDORAM (Extended Data Out Random Access Memory)









RAM jenis ini memiliki kemampuan yang lebih cepat dalam membaca dan mentransfer data dibandingkan dengan RAM biasa. Slot memori untuk EDO RAM adalah 72 pin. Bentuk EDO-RAM lebih panjang daripada RAM yaitu bentuk Single Inline Memory Modul (SIMM). Memiliki kecepatan lebih dari 66 Mhz.










            6. FPM DRAM (First Page Mode DRAM)
FPM DRAM (First Page Mode DRAM) adalah merupakan bentuk asli dari DRAM. Laju transfer maksimum untuk cache L2 mendekati 176 MB per sekon. FPM bekerja pada rentang frekuensi 16MHz hingga 66MHz dengan access time sekitar 50ns.


            7. Flash RAM 









Flash RAM adalah jenis memory berkapasitas rendah yang digunakan pada perngkat elektronika seperti, TV, VCR, radio mobil, dan lainnya. Memerlukan refresh dengan daya yang sangat kecil.

            8. VGRAM (Video Graphic Random Acces Memory)









VGRAM (Video Graphic Random Acces Memory) Yaitu VGRAM biasanya digunakan untuk menyimpan kandungan pixel bagi sebuah paparan grafik. Penggunaan cip VGRAM akan memberikan prestasi video yang baik dan mengurangi tekanan pada CPU.










            9. DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Acces Memory)
RAM jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi dengan menggandakan kecepatan SD RAM, dan merupakan RAM yang banyak beredar saat ini. RAM jenis ini mengkonsumsi sedikit power listrik. Slot Memori untuk DDR SDRAM adalah 184 pin, bentuknya adalah RIMM.

          10. SO-DIMM (Small Outline Dual In-Line Memory Module)









SO-DIMM (Small Outline Dual In-Line Memory Module) merupakan jenis memory yang digunakan pada perangkat notebook. Bentuk fisiknya kira-kira setengah dari besar DDR biasa sehingga dapat lebih menghemat ruang yang tentunya sangat berharga pada perangkat mobile seperti notebook. Perkembangan generasi SO-DIMM biasanya sejalan dengan perkembangan RAM untuk komputer desktop. Ketika DDR3       SDRAM diluncurkan dipasaran, DDR3 SO-DIMM juga ikut diluncurkan. Modul tersebut            menggunakan slot yang memiliki 204 pin.

            a.5 Cara Kerja RAM
Ketika komputer pertama kali dihidupkan, komponen pertama kali yang bekerja adalah prosessor, kemudian prosessor meminta data-data atau perintah dari hardisk. Disinilah fungsi peran memory bekerja. Pada dasarnya hardisk tidak mampu memenuhi kecepatan permintaan data perintah dalam hal menyuplai data perintah yang diminta oleh prosessor. Maka dibutuhkan peran memory RAM sebagai menampung data dari hardisk dan menyuplai data yang dibutuhkan ke prosessor. Tentu saja semakin besar kapasitas            memory RAM semakin cepat pula kinerja suatu komputer. Logikanya jelas, prosessor tidak perlu menunggu terlalu lama data-data yang diminta dari hardisk, untuk ditampung di memory RAM. 

          a.6 Slot memory
Slot RAM adalah tempat/slot untuk RAM. Ada beberapa macam slot RAM yaitu DDRAM, SDRAM, EDORAM, SIMM.
          b. ROM
              ROM merupakan singkatan dari Read Only Memory. ROM adalah perangkat atau peralatan proses yang terdapat di dalam Motherboard. ROM berisikan suatu program yang telah diterapakan oleh pembuat perangkat komputer dan keberadaan program ini tidak dapat diubah, ditambah, maupun dikurangi oleh pemakai Komputer. Isi ROM diperlukan pada saat computer dihidupkan. Perintah yang ada di dalam ROM sebagian   akan dipindahkan ke RAM. Di antara perintah dari ROM adalah perintah untuk membaca         system operasi dari disk, perintah untuk mengecek semua peralatan yang ada di unit system, dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun aliran listrik padam.
               ROM pada komputer diguanakan untuk sebagai penyimpan BIOS (Basic Input      Output System). BIOS adalah bagian yang sangat kritis dari suatu sistem operasi, yang berfungsi memberi tahu bagaimana caranya dapat mengakses disk drive. Ketika komputer dihidupkan dalam kondisi RAM masih kosong maka perintah pada ROM BIOS yang digunakan oleh CPU, kemudian baru memindahkan file-file tersebut ke dalam RAM dan menjalankannya.
                        ROM sering ditemukan dalam bentuk IC (Integrated Circuit). IC ROM biasanya   memiliki kode tulisan (teks) 27xxx. Angka 27 menunjukkan kode untuk ROM, sedangkan xxx menunjukan kapasitas ROM dalan satuan kilo bit.
            b.2 Fungsi ROM
                        Seperti telah diungkapkan sebelumnya bahwa umumnya ROM berfungsi untuk      menyimpan firmware. Pada perangkat komputer, sering ditemukan untuk menyimpan   BIOS.
            b.3 Jenis ROM
            b.3.1 Mask ROM
                        Mask ROM adalah ROM yang tidak bisa ditulis ulang (non-flashable) sehingga     tidak dapat di up-grade.
            b.3.2 PROM (Programmable Read-Only Memory)
                        PROM merupakan sebuah chip memory yang hanya dapat diisi data satu kali saja.             Sekali saja program dimasukkan ke dalam sebuah PROM, maka program tersebut akan      berada pada PROM seterusnya.
            b.3.3 EPROM (Erasable Programmable Read-Only Memory)
                        EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) adalah sebuah ROM yang dapat diprogram ulang dan dihapus.
            Berdasarkan proses pengisiannya terdapat dua jenis EPROM :
  1. UV EPROM (Ultraviolet EPROM) membutuhkan cahaya ultraviolet untuk menghapus data yang ada di dalamnya.
  2. EEPROM (Electrical EPROM) menggunakan aliran listrik dalam menghapus atau mem-program ulang isinya.
b.3.4 EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory)
            EEPROM adalah tipe khusus dari PROM (Programmable Read-Only Memory) yang bisa dihapus dengan memakai perintah elektris.
2. Secondary Storage
            a. Hardisk
                Hard disk merupakan salah satu media penyimpan data pada komputer yang          terdiri dari kumpulan piringan magnetis yang keras dan berputar, serta komponen-komponen elektronik lainnya.
                a.1 Jenis Hardisk
                        a.1.1 Hardisk ATA / EIDE
                        Hard disk dengan tipe EIDE (Enhanced IntegratedDrive Electronic) atau tipe ATA (Advanced Technology Attachment)adalah standar versi terbaru suatu antar muka disk yang sesuai untuk koneksi ke bus.
                        Banyak produsen disk memiliki rentang disk dengan antar muka EIDE / ATA, disk semacam itu dapat dihubungkan langsung ke bus PCI, yang digunakan pada banyak PC (personal computer).
                        Keuntungan drive EIDE / ATA yangsignifikan adalah harganya yang cukup murah, karena penggunaannya di pasaran PC. Salah satu kekurangan utamanya adalah diperlukan kontroler terpisah untuk tiap drive jika dua drive digunakan bersamaan untuk meningkatkan performa.
                        Salah satu produsen chip yang terkenal sudah menyertakan kontroler yang memungkinkan disk EIDE / ATA dihubungkan langsung ke motherboard.
                        a.1.2 Hardisk SCSI
                        Banyak disk memiliki antar muka yang didesain untuk koneksi ke bus SCSI standar. Disk tersebut cenderung lebih mahal, tetapi mempunyai performa yang lebih baik, yang dimungkinkan karena kelebihan bus SCSI daripada bus PCI.
                        Akses yang bersamaan dapat dilakukan ke banyak disk drive karena antar muka drive secara aktif dihubungkan ke bus SCSI hanya pada saat drive tersebut siap untuk transfer data.
                        Hal ini terutama berguna dalam aplikasi dimana terdapat sejumlah besar request untuk file kecil, yang sering terjadi dalam komputer yang digunakan sebagai file server.
                        a.1.3 Hardisk RAID
                        Menjanjikan performa yang luar biasa dan menyediakan penyimpanan yang besar   dan handal. Disk tersebut digunakan baik dalam komputer performa tinggi atau dalam sistem yang memerlukan keandalan yang lebih tingi dari tingkat normal. Akan tetapi, dengan semakin menurunnya harga ke tingkat yang lebih terjangkau, disk tersebut menjadi lebih menarik bahkan untuk sistem komputer dengan ukuran rata-rata.
                        a.1.4 Hardisk SATA
                        Hard disk dengan tipe SATA (Serial Advanced Technology Attachment), yaitu     interface disk ATA (Advanced Technology Attachment) dengan versi serialnya menggunakan kabel tipis yang memiliki total kabel kecil sekitar dua pertiga dari total kabel harddisk dengan tipe EIDE atau ATA disk yang berjumlah 39 pins dan SATA mempunyai kecepatan pengiriman data sangat tinggi serta mengurani latensi. Sehingga bus serial ini mampu melebihi kecepatan bus paralel.
                        Hardisk SATA dalam mentransfer data secara berurutan atau serial lewat   kabelnya dan juga secara teknik SATA menyusun sendiri disk yang tersambung ke dalam motherboard tanpa adanya sistem master ataupun slave, sehingga kabel SATA hanya dapat digunakan pada satu hard disk.
                        Tipe hard disk yang telah dibahas ini, semuanya masuk dalam kategori internal hard disk, maksudnya yang diinstall di dalam CPU. Selain internal hard disk ada juga eksternal harddisk (hard disk yang berada diluar CPU), jadi bisa dipindah-pindahkan.
                        Eksternal hard disk mempunyai kecepatan rotasi 7200 rpm, pemasangannya sangat mudah, tidak perlu membongkar PC dan hanya dengan menghubungkan port USB ke PC, dan dapat mentransfer data 480 Mbps.
                        a.1.5 Hardisk SSD
                        Seperti yang kita ketahui bahwa hardisk yang selama ini kita gunakan sebagai media penyimpanan masih mempunyai bagian mekanik didalamnya, sedangkan media SSD (Solid State Disk) sudah menggunakan teknologi seperti USB Drive atau memori komputer. Bila Anda perhatikan bahwa media seperti USB Drive ini tidak memiliki   bagian yang bergerak.
                        Intel menggandeng pabrikan asal Taiwan yaitu Kingston untuk memasarkan SSD Intel sehingga kehadiran kedua nama tersebut menjadikan pasar SSD makin bertambah.
                        Nama yang sudah tidak asing lagi di dunia SSD adalah Sandisk, Samsung, Imation, Toshiba dan bahkan Seagate pun akan merambah juga ke pasar SSD ini.
                        Memang kedepannya media penyimpanan akan lebih mengarah ke SSD karena memiliki banyak keunggulan dibandingkan media penyimpanan saat ini seperti Harddisk.
C. Input dan output
            Sebelum kita bahas macam-macam perangkat input dan output alangkah baiknya kita mengenal dulu port-port yang akan digunakan oleh perangkat input dan output.
            1. USB 
            Menurut bahasa, Port USB terdiri dari dua kata, yang pertama Port adalah tempat untuk memasukkan kabel / peripheral lainnya ke computer kita, serta USB merupakan singkatan dari Universal Serial Bus dengan makna lain dapat dikatakan standar interface sebuah device, dengan kata lain pengertian dari Port USB adalah hubungan serial antara peripheral dengan komputer. Port USB merupakan suatu teknologi yang memungkinkan kita untuk menghubungkan alat eksternal (peripheral) seperti scenner, printer, mouse, papan ketik (keyboard), alat penyimpan data (zip drive), flash disk, kamera digital atau             perangkat lainnya kekomputer kita.

            2. PS/2 PORT
            Port untuk menghubungkan mouse dan keyboard. Port PS/2 berarti port yang biasanya terdapat pada panel belakang motherboar, yang digunakan untuk tempat sambungan atau hubungan dengan keyboard/mouse yang menggunakan konektor tipe    PS/2. Port PS/2 untuk keyboard biasanya berwarna ungu, sedangkan port PS/2 untuk mouse biasanya berwarna hijau. kedua port ini berbeda fungsi walaupun tampaknya seakan-akan sama, yaitu ukuran/dimensinya sama dan memiliki jumlah lubang pin yang     sama. Keduanya tidak saling kompatibel, artinya port PS/2 untuk keyboard tidak boleh   digunakan untuk mouse, dan port untuk mouse juga tidak boleh digunakan untuk      keyboard, sebab keduanya memilik set perintah yang berbeda.










            3. SERIAL PORT
            Serial Port atau biasa disebut dalam bahasa Indonesia adalah port seri merupakan   sebuah port pada personal computer yang berfungsi untuk mentransmisikan satu bit informasi pada satu satuan waktu. Dalam serial port, pengiriman informasi tidak memungkinkan untuk melakukan secara banyak sekalius. Hal ini disebabkan karena dalam melakukan pemindahan data, biasanya serial port bekerja seri, misalnya COM 1 dan COM 2. Untuk penggunaan port serial sekarang ini sudah berkurang. Penggunaan port serial telah tergantikan dengan port USB dan Firewire. Sedangkan untuk jaringan (networking) fungsinya sudah tergantikan dengan port Ethernet. Berikut beberapa fungsi serial port yaitu menghubungkan antara peripheral (alat) computer lain dengan motherboard, penghubung antara mouse dengan motherboard, penghubung antara modem dengan motherboard, dan mentransmisikan informasi-informasi berupa bit-bit dari      mainboard ke perangkat lainnya.

            4. PARALLEL PORT 
            Parallel port atau biasa disebut dalam bahasa Indonesia adalah port paralel merupakan sebuah port pada personal computer yang berfungsi sebagai alat komunikasi komputer (motherboard) dengan perangkat luar yang bersifat paralel. Pada port paralel, pemindahan informasi dapat dilakukan secara bersamaan sehingga informasi yang terkirim lebih banyak daripada port seri. Port paralel biasa dikenal dengan Printer Port atau Centronics Port. Fungsi port paralel adalah sebagai penghubung motherboard dengan Printer jenis lama, Zip drive, beberapa Scanner, Sound Cards, Web Cams, Gamepads, Joystick, pemrograman EPROM, peralatan SCSI melalui adapter paralel ke   SCSI, percobaan dengan TTL 12 driver, dan External CD-R atau CD-RW. Selain itu, port paralel juga digunakan sebagi uji coba sederhana dalam perancangan peralatan elektronika.

            5. VGA VIDEO PORT
            Port ini menghubungkan monitor dengan CPU dan membuat monitor menampilkan isi dari cpu tersebut . Seperti menampilkan gambaran isi CPU ke komputer lewat monitor

            6. POWER SUPPLY
            Port ini digunakan untuk menghubungkan power supply dengan CPU . Atau sebagai penghubung komputer dengan listrik (colokan).








            7. NETWORK PORT
            Port ini digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan computer lainnya (jaringan LAN) Juga berfungsi menghubungkan CPU dengan jaringan komputer. Port ini juga biasa digunakan untuk menyambungkan komputer dengan internet.








            8. AUDIO PORT
            Port ini berfungsi menghubungkan CPU dengan peralatan audio (speaker, mic, dan tv tuner).Port ini terdiri dari 3 port yaitu port line in, line out, dan microphone.

            9.PORT MODEM LINE TELEPON
            Port ini berfungsi sebagai penghubung untuk internet memakai modem dial up (jaringan telepon)

            10.GAME PORT
            Port ini berfungsi untuk menghubungkan antara komputer dengan joystick . Dan    port ini hanya bisa digunakan untuk bermain game (menancapkan joystick) .
            Dalam komputer perangkat output dan input yang sering kita jumpai dipasaran sangat banyak sekali, sekarang kita akan bahas perangkat input terlebih dahulu
1. INPUT
a. Mouse
a.1. Pengertian mouse
            Mouse adalah hardware yang dihubungkan ke komputer baik wire (kabel) atau secara wireless (tanpa kabel). Perangkat ini dinamakan mouse karena pada waktu itu piranti ini berbentuk seperti tikus. Disamping itu, kabel yang tersambung dengan mouse yang terhubung dengan komputer bentuknya seperti ekor tikus.
a.2. Fungsi Mouse
1.      Menginput perintah untuk komputer dimana cara kerja mouse adalah dengan cara mouse digeserkan pada permukaan data yang datar.
2.      Digunakan sebagai penggerak pointer untuk menentukan kursor ke layar monitor tertentu.
3.      Digunakan untuk beberapa kegiatan seperti: double klik (membuka file), klik tahan dan geser ,klik (memilih item), drag drop (memindahkan item) dan klik kanan (menampilkan pilihan menu perintah.
4.      Digunakan untuk melakukan scrolling pada layar dengan menggunakan roda scroll yang ada pada mouse.
5.      Mendeteksi beberapa gerakan 2D secara relatif ke posisinya yang sekarang.
6.      Membuat pekerjaan kita menjadi lebih ringan,mudah dan cepat. khususnya untuk kita yang mempunyai aktifitas seperti mengedit foto dan lain lain.
7.      Digunakan untuk Memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja.
8.      Mengaktifkan tombol perintah dan melakukan suatu ekskusi tertentu pada aplikasi
9.      Digunakan Untuk melakukan perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, tombol kanan pada mouse jika diklik 2x berfungsi sebagai tombol enter pada perintah eksekusi
10.  Mouse juga digunakan sebagai pengaturan & perbesaran tampilan sebuah objek
11.  Mouse juga digunakan untuk melakukan intruksi dan konversi ke sinyal elektronik yang dapat dimengerti oleh sistem computer.
b. Keyboard
b.1. Pengertian keyboard
            Keyboard adalah Alat input yang digunakan untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke dalam komputer. Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh Christopher Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Jumlah seluruh tombol pada keyboard ada 104 tombol.Keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik.    
            Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol. Bentukkeyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif. Keyboard yang paling terkenal adalah keyboard QWERTY yang memiliki 101 buah key (tombol). Kebanyakan keyboard memiliki key yang disusun ke dalam bagian sebagai berikut :
a.       Alphanumeric Key
b.      Numerik Keypad
c.       Function Key
d.      Modifier Key
e.       Cursor Movement Key
b.2 Jenis keyboard


Secara fisik, keyboard terbagi atas 4 jenis, yaitu:










            1. Keyboard Serial
            Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.
      
            2. Keyboard PS/2
            Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.

             3. Keyboard Wireless









             Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard   itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.
            4. Keyboard USB









            Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektorUSB yang menjamin transfer data lebih cepat
Secara bentuk & tombol, keyboard terbagi atas 7 jenis, yaitu:









            1. Keyboard QWERTY
            Tata letak keyboard QWERTY ini ditemukan oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878, dan kemudian menjadi standar mesin tik komersial pada tahun 1905. QWERTY diambil dari6 huruf berurutan pada baris kedua dari tombol alfanumerik tersebut. Keyboard QWERTY didesain sedemikian rupa sehingga key yang paling sering ditekan terpisah letaknya sejauh mungkin, sehingga bisa meminimalkan kemacetan pada saat mengetik (pada mesin ketik mekanik). Meskipun tata letak QWERTY sangat luas       pemakaiannya, tetapi memiliki beberapa kelemahan dan ketidakefisienan. Misalnya, 48 persen dari gerakan diantara huruf yang berurutan harus dilakukan dengan sebuah tangan. Hanya 32 persen ketukan yang dilakukan pada home row (baris awal dari posisi jari pada keyboard). Beban tangan kiri lebih besar dari tangan kanan (56 persen). Contoh paling nyata dari ketidakefisienan tata letak QWERTY adalah pengetikan huruf ‘a’ yang cukup sering dipakai, tetapi harus dilakukan oleh jari kelingking yang paling lemah.
           2.Keyboard DVORAK
           Keyboard DVORAK (1932), dimana susunan hurufnya disusun sedemikian rupa   sehingga tangan kanan dibebani lebih banyak pekerjaan dibanding dengan tangan kiri. Selain itu, tata letak Dvorak dirancang agar 70 persen dari ketukan jatuh pada home row, sehingga bisa mengurangi kelelahan karena pengetikan (lebih ergonomik). Sejumlah percobaan menunjukkan bahwa tata letak Dvorak lebih efisien 10-15 persen dibanding dengan tata letak QWERTY .
            3.Keyboard KLOCKENBERG
            Keyboard ini dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kanan). Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah. Selain itu, keyboard KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman. Tata letak ini, selain mengurangi beban otot pada jari jemari dan pergelangan tangan juga dirancang untuk   mengurangi beban otot pada tangan dan bahu. Terpisahnya bagian kiri dan kanannya menjadikannya relatif lebih banyak memakan ruang.
            4. Keyboard Maltron
            Tak seperti keyboard pada umumnya yang datar, keyboard ini dibuat agak cekung ke dalam. Dengan pertimbangan bahwa pada saat jari-jari diposisikan akan mengetik, maka jari-jari itu dijamin tidak akan membentuk satu garis lurus. Produsen Maltron berkeyakinan bahwa pada dasarnya, hanya digunakan 8 jari dari sepuluh jari yang tersedia ketika manusia mengetik dengan keyboard biasa.Dengan mengetik di keyboard biasa, maka jari tangan harus beradaptasi dengan bentuk keyboard. Hal ini diklaim oleh mereka dapat menyebabkan RSI (Repetitive Stress Injuries). Sementara, dengan menggunakan Maltron, keyboardnyalah yang akan menyesuaikan dengan tangan. Dengan bentuk yang unik seperti ini, Maltron menjamin kenyamanan jari tangan di saat mengetik sehingga tidak menyebabkan RSI bahkan bisa jadi akan meningkatkan kecepatan mengetik sebab yang digunakan adalah 10 jari bukannya 8 jari.
            5. Keyboard Chord
            Hanya mempunyai beberapa tombol antara 4 sampai 5. Untuk memasukkan suatu huruf harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Ukurannya kompak, sangat cocok untuk aplikasi yang portabel. Waktu pelatihan singkat, penekanan tombo-tombol mencerminkan bentuk huruf yang diinginkan Kecepatannya tinggi namun kurang   populer, karena pada pemakaian yang lama akan menyebabkan kelelahan pada tangan.    Berikut ini jenis-jenis keyboard chord:                                
Keyboard Palantype
            Tata letak palantype mempunyai 3 kelompok karakter. Kelompok pada bagian kiri menunjukkan konsonan awal sebuuah kata, bagian tengah menunjukkan kelompok vokal dan bagian kanan menunjukkan kelompok konsonan terakhir dari sebuah kata atau suku kata.Pada gambar terlihat bahwa tidak seluruh konsonan ada disana, konsonan tsb dapat disajikan dengan menggunakan kombinasi beberapa tombol yang ada.
Keyboard Stenotype
            Steno adalah jenis tulisan singkat yang sering digunakan untuk mencatat ucapan seorang. Jenis tulisan ini paling banyak digunakan oleh para wartawan untuk mencatat hasil wawancaranya dengan lebih cepat. Papan ketik Stenotype mempunyai keunggulan yang hampir sama dengan papan ketik Palantype.
            6. Keyboard Alphabetik
            Tombol-tombol yang ada pada keyboard alphabetik disusun persis seperti pada tata letak QWERTY maupun Dvorak, tetapi susunan hurufnya berurutan seperti pada urutan alphabet. Keyboard alphabetik juga tidak dapat menyaingi popularitas tata letak QWERTY, tetapi biasanya banyak ditemui pada mainan anak-anak, sehingga anak-anak diajar mengenal huruf alphabet. Bagi pengguna yang bukan tukang ketik, barangkali tata   letak ini cukup membantu. Tetapi, dari hasil pengujian, penggunaan tata letak seperti ini justru memperlambat kecepatan pengetikan.
            7. Keyboard Numeric
            Untuk memasukkan bilangan dalam jumlah yang besar, orang lebih suka menggunakan tombol numerik (numeric keypad) yang tata letak tombol-tombolnya dapat dijangkau dengan tangan.
2. OUTPUT
            a. Monitor
            a.1 Pengertian monitor
                        Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa sinyal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi inilah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis             monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
            a.2 Fungsi monitor
                        Monitor berfungsi sebagai Output dari memori komputer atau central processing    unit berupa biner. Ini harus diubah menjadi bahasa manusia dan ditampilkan kemonitor sehingga bisa dibaca oleh pengguna.
                        Semua monitor memiliki jenis resolusi yang digunakan untuk menampilkan gambar. Ukuran inci LCD memberitahu apa jenis resolusi yang tersedia. Sebuah layar monitor 17-inci dapat memiliki resolusi 1024×768, sedangkan layar 20-inci akan    memiliki 1600×1200. Jumlah dalam inci adalah ukuran layar monitor diagonal, sementara resolusi adalah lebar pixel dengan tinggi pixel. Meskipun laptop memiliki          built-in monitor, beberapa laptop tersedia dengan port S-Video, yang memungkinkan kabel S-Video untuk plug ke televisi tertentu. Ketika televisi berubah ke input yang tepat, akan bertindak sebagai cloning.
           
            a.3 Jenis Monitor
                  a.3.1 CRT (Chatode Ray Tube)
                 Monitor CRT merupakan monitor menggunakan media tabung sinar katoda atau kebanyakan orang menyebutnya dengan monitor tabung. Monitor CRT dibuat menggunakan tabung hampa untuk layarnya. Monitor CRT mirip dengan jenis televisi tabung. Cara kerja monitor CRT yaitu dengan mancarkan sinar elektron ke sebuah titik-titik kecil di layar. Sinar tersebut menampilkan sisi terang jika diperkuat, sedangkan untuk diperlemah untuk sisi yang gelap. Monitor CRT lebih murah ketimbang jenis-jenis monitor komputer yang lainnya. Namun monitor CRT ini berukuran cukup besar    membuat tempat diletakkannya monitor tersebut haruslah luas.

                  a.3.2 Monitor LCD (Liquid Cristal Display)
                  Tidak seperti Monitor CRT yang menggunakan tabung hampa, Monitor LCD menggunakan media cairan kristal. Cara Kerja Monitor LCD itu dengan cara memancarkan sinar melalui kristal cair, yang kemudian dipancarkan secara elektrik sehingga membentuk sebuah panel-panel kecil yang datar. Monitor LCD komputer ini dari segi bentuk menggunakan teknologi Flat Panel Display atau monitor berlayar datar.   LCD memiliki kemampuan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan monitor CRT. Dengan bentuk yang ramping dan pipih penggunaan monitor LCD dipadukan dikomputer portable atau laptop.

                  a.3.3 Monitor LED (Light Emitting Diode)
                  Monitor LED memiliki bentuk seperti Monitor LCD namun monitor LED lebih ramping. Monitor LED memunculkan sebuah tampilan pada layar menggunakan emisi cahaya. Monitor LED menggunakan teknologi LED backlight. LED lebih efisien   mengeluarkan cahaya. Kelebihan monitor LED dari segi konsumsi daya listrik monitor      LED lebih hemat daripada monitor LCD. Namun kelemahan monitor LED yaitu harga lebih mahal daripada monitor LCD.

                   a.3.4 Monitor Plasma
                   Monitor Plasma merupakan monitor yang menggunakan gas neon atau xenon yang diletakkan diantara dua lapisan plat kaca. Pada lapisan gas di aliri listrik yang memberi reaksi berupa penciptaan pixel. Kualitas gambar lebih baik karena dalam proses pembuatan gambar dilakukkan secara langsung tanpa harus diuraikan terlebih dahulu. Monitor Plasma menggunakan teknologi gabungan, antara CRT dengan LCD. Hal ini membuat kitipisan Monitor Plasma menyerupai Monitor LCD dan sudut pandang pun luas seperti Monitor CRT.
            a.4. Cara kerja monitor
            a.4.1 CRT
            Prinsip kerja monitor CRT (Cathode Ray Tube) adalah elektron ditembakkan dari belakang tabung gambar menuju bagian dalam tabung yang dilapis elemen yang terbuat dari bagian yang memiliki kemampuan untuk memendarkan cahaya. Sinar elektron tersebut melewati serangkaian magnet kuat yang membelok-belokkan sinar menuju bagian-bagian tertentu dari tabung bagian dalam. Begitu sinar tersebut sampai ke bagian kaca tabung TV atau monitor, dia akan menyinari lapisan berpendar, menyebabkan tempat-tempat tertentu untuk berpendar   secara temporer. Setiap tempat tertentu mewakili pixel tertentu. Dengan mengontrol tegangan dari sinar tersebut, terciptalah teknologi yang mampu mengatur pixel-pixel tersebut untuk berpendar dengan intensitas cahaya tertentu. Dari pixel-pixel tersebut, dapat dibentuklah            gambar. Teorinya, untuk membentuk sebuah gambar, sinar tadi menyapu sebuah garis horizontal dari kiri ke kanan, menyebabkan pixel-pixel tadi berpendar dengan intensitas cahaya sesuai dengan tegangan yang telah diatur. Proses tersebut terjadi pada semua garis horizontal yang ada pada pixel layar, dan ketika telah sampai ujung, sinar tersebut akan mati sementara untuk mengulang proses yang sama untuk menghasilkan gambar yang berbeda. Makanya kita dapat nonton objek yang seolah-olah bergerak di layar televisi atawa monitor.

            a.4.2 LCD
            Cara Kerjanya adalah sebagai berikkut. Pada sebuah panel LCD berwarna, setiap   pixel terdiri atas tiga buah cell kristal cair. Setiap ketiga cell tersebut memiliki filter merah, hijau, atau biru (Red-Green-Blue/RGB). Sinar yang melewati cell yang terfilter   tersebut akan menciptakan warna yang Anda lihat pada LCD. Kadang-kadang sistem yang mengirimkan arus listrik pada satu cell atau lebih tidak berjalan dengan baik. Kejadian tersebut menimbulkan adanya pixel yang gelap dan “rusak” yang sering disebut sebagai dead pixel.
                        Hampir semua LCD berwarna modern menggunakan sebuah transistor film yang tipis (Thin-Film Transistor/TFT), yang dikenal sebagai active matrix, untuk menghidupkan setiap cell. LCD TFT menciptakan citra yang lebih jelas, jernih dan terang. Teknologi LCD terdahulu sangat lambat, kurang efisien, dan kontrasnya sangat rendah. Teknologi matriks terdahulu, passive-matrix, mampu menampilkan teks yang           jelas tetapi meninggalkan bayangan jika tampilan berubah dalam waktu cepat, sehingga tidak optimal untuk video.
            a.4.3 PLASMA
            Teknologi ini menggunakan gas neon/xenon yang diapit dua lapisan pelat kaca. Kejutan listrik dimasukkan ke lapisan gas, yang langsung memberi reaksi berupa penciptaan elemen gambar (disebut sebagai pixel). Proses penciptaan gambar dilakukan langsung, tanpa diurai memakai proses lain seperti CRT atau RPTV. Tentu ini membuat kualitas gambar juga jadi lebih bagus. Komponen penghasil gambarnya adalah DLP. DLP inilah yang menangkap sinyal atau input berupa gambar/image dasar, berupa warna merah (red), abu-abu (grey) dan hitam (black). Warna RGB kemudian dipisahkan oleh roda warna, dan kemudian           dipantulkan oleh gas phospor. Yang mempertemukan tiga warna (RGB) adalah mata kita. Pada plasma televisi, gas phospor akan mengeluarkan sinar ultraviolet bilamana dipanaskan oleh sinyal listrik. Sinar ultraviolet itulah yang kemudian menampilkan gambar di layar.

            a.4.4 LED
            LED iti sendiri menggunakan cahaya pancaran diode (Light Emitting Diode) sebagai sumber cahaya televisi. LED menggunakan diode untuk membuat banyak vibrant dan image yang berwarna-warni. Warna hitam akan menajdi benar-benar hitam, bukan hitam abu-abu, dan warna LED lebih realistic dibandingkan monitor LCD. Monitor LED memiliki kontras rasio 500,000:1, juga refresh rate yang tinggi.

E. PERANGKAT TAMBAHAN
1. Macam-macam Kipas (Fan)
Kipas adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menghasilkan aliran pada fluida gas seperti udara. Kipas memiliki fungsi yang berbeda dengan kompresor sekalipun media kerjanya sama, dimana kipas menghasilkan aliran fluida dengan debit aliran yang besar pada tekanan rendah, sedangkan kompresor menghasilkan debit aliran yang rendah namun tekanan kerja yang tinggi. Dengan fungsi yang berbeda dari kompresor tersebut, kipas banyak diaplikasikan seperti untuk kenyamanan ruangan (kipas meja/dinding), sistem pendingin pada kendaraan atau sistem permesinan, ventilasi, penyedot debu, sistem pengering (dikombinasikan denganheater), membuang gas-gas berbahaya, dan juga supply udara untuk proses pembakaran (seperti pada boiler).

Kipas Pendingin Pada Radiator
Berdasarkan prinsip kerjanya, kipas dibagi menjadi dua macam yaitu:
1.      Kipas Sentrifugal
Kipas sentrifugal ini menggunakan prinsip gaya sentrifugal untuk membangkitkan aliran fluida gas. Mirip dengan pompa sentrifugal, udara masuk melalui sisi inlet yang berada di pusat putaran kipas sentrifugal tersebut, lalu terdorong menjauhi poros kipas akibat gaya sentrifugal dari sudu-sudu kipas yang berputar. Pada debit aliran yang sama, kipas sentrifugal menghasilkan tekanan udara outlet yang lebih besar dibandingkan dengan kipas aksial. Pada dunia industri kipas ini sering diberi istilah blower.

Kipas Sentrifugal Sisi inlet kipas sentrifugal dapat didesain dengan dua inlet atau satu inlet saja. Hal ini tentu disesuaikan dengan kebutuhan debit aliran fluida yang ingin dihasilkan. Dengan menggunakan sistem double inlet akan didapatkan debit aliran yang lebih besar dibandingkan dengan yang single inlet.
20121213-014757 PM.jpg

Kipas Sentrifugal Dengan Double Inlet
Karakteristik performansi dari kipas sentrifugal tergantung pada jenis dari bentuk sudu kipas yang digunakan. Secara umum bentuk sudu kipas sentrifugal ada tiga jenis yakni:

1.      Backward Curved Blades. Dengan bentuk sudu ini, kipas sentrifugal akan memiliki beberapa keuntungan sebagai berikut:
§  Efisiensi yang tinggi, di atas 90%.
§  Beroperasi dengan sangat stabil.
§  Tidak berisik.
§  Ideal untuk digunakan pada kecepatan tinggi.
§  Tidak memiliki karakter daya overload.

Tipe Sudu Backward Curve Beserta Kurva Karakteristiknya
2.      Sudu Lurus (Straight Blade). Tipe sudu ini memiliki kelebihan sebagai berikut:
§  Tahan terhadap abrasi.
§  Perawatan yang simpel.
§  Kapasitas yang luas.
Namun di sisi lain kipas sentrifugal jenis ini memiliki kelemahan yakni nilai efisiensi yang rendah, serta karakternya yang tidak bebas overload power.
Tipe Sudu Lurus Beserta Kurva Karakteristiknya

3.      Radial Tip Blades. Tipe ini sangat dianjurkan digunakan pada fluida-fluida gas yang sifatnya abrasif. Selain itu kipas sentrifugal tipe ini memiliki keuntungan lain seperti berikut:
§  Tidak memiliki karakter daya overload.
§  Menghasilkan kapasitas besar.
§  Beroperasi dengan sangat stabil.
§  Kemampuan untuk dapat membersihkan permukaan sudu dengan sendirinya.

Tipe Sudu Radial Tip Beserta Kurva Karakteristiknya
Salah satu aplikasi kipas sentrifugal pada dunia industri adalah Primary Air Fan (PA Fan) pada Pembangkit Listrik Tenaga Uap. PA Fan berfungsi men-supply udara ke pulverizer dan digunakan untuk mendorongpulverizer fuel ke furnace boiler untuk proses pembakaran. PA Fan ini menggunakan sistem dua inlet dengan sudu tipe Backward Curve.

Primary Air Fan
2.      Kipas Aksial
Sesuai dengan namanya, Axial Fan menghasilkan aliran fluida gas dengan arah yang searah dengan poros kerja kipas tersebut. Kipas tipe ini adalah yang paling banyak penggunaannya di kehidupan sekitar kita. Hal tersebut tidak terlepas dari kemudahan desain serta harga yang lebih ekonomis jika dibandingkan dengan kipas sentrifugal. Karena desainnya yang tidak terlalu rumit serta dapat menghasilkan flow yang besar, kipas ini banyak digunakan sebagai alat pendingin pada berbagai keperluan. Dari pendingin CPU hingga komponen pendingin mesin kendaraan bermotor menggunakan kipas tipe aksial.

Kipas Aksial Pada Sebuah PLTU
Kipas tipe aksial sangat banyak digunakan di dunia industri. Salah satunya digunakan pada pembangkit listrik tenaga uap sebagai Secondary Air Fan. Kipas ini berfungsi untuk men-supply udara dalam jumlah banyak yang dibutuhkan untuk proses pembakaran pada furnace boiler. Kipas ini memiliki dua tingkat (stage) impeller, yang kedua-duanya dapat diatur besar bukaan pitch-nya. Hal tersebut berfungsi untuk mengatur jumlah (debit) udara yang akan dikirim untuk proses pembakaran.
2. Cara KERJA Kipas Angin pada Komputer Meja
Install a Computer Fan Step 1 Version 2.jpg









Komputer merupakan teknologi kompleks dengan berbagai komponen kecil yang harus berfungsi dengan lancar. Kipas angin merupakan bagian penting dari semua komputer, karena kipas angin menjaga agar udara dingin mengalir di sepanjang komponen-komponen Anda. Jika komputer Anda mengalami pemanasan berlebihan, atau Anda harus mengganti kipas anginnya, memasang kipas yang baru bisa membantu menurunkan suhu dan membuat komputer Anda lebih tenang.



P.S Maaf sebesar besarnya kalau tidak rapi soalnya kerja kelompok :P

0 komentar:

Posting Komentar